Friday, April 6, 2018

Mina Padi

Kabupaten PALI, 06 April 2018 
Pertamina EP Pendopo bekerjasama dengan Yasasan AL-Musyarofah akan mengembangkan Program Mina Padi di Kabupaten PALI Prov. Sumatera selatan secara berkelanjutan, untuk meningkatkan pendapatan keluarga tani sebagai sumber pendapatan baru. dalam rangka turut serta membangun Kabupaten PALI. 

Yang pada waktu itu tangga 17 Desember 2017 pada uji coba penerapan usaha budidaya Mina Padi yang berlokasi di Areal Pusat Pemeberdayaan Masyarakat Pertamina PPMP Pendopo. dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di sektor pertanian. PT Pertamina EP Pendopo Field bekerja sama dengan Yayasan Al Musyarofah, melakukan uji coba Program Mina Padi. Pendopo Field Manager Heri Aminanto, mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk meningkatkan perekonomian rakyat, dan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam kegiatan itu, pihak Pertamina tak hanya menggandeng Yayasan Al Musyarofah, tetapi juga kelompok tani lainnya.
“Untuk pusat uji coba langsung di PPMP, sebagai sentral pembelajaran perikanan dan pertanian, dengan adanya kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan sebagai solusi alternatif bagi masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau bahkan hingga menjadi industri, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, ” ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Pali, Ferdian Andreas Lacony.S.Kom MM, Pemda PALI sangat mendukung kegiatan PPMP tersebut dan berharap PPMP dapat menjadi wahana bagi masyarakat untuk belajar sekaligus mendapat pendampingan tentang bagaimana cara bercocok tanam dan berternak (ikan).

Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina PPMP Pendopo adalah tempat yang di hadirkan Pertamina EP. untuk melaksanakan Program Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten PALI dan memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadikan PALI daerah penghasil pertanian, perkebunan dan perikanan, 

Secara simbolis Pendopo Field Manager, Tim Manajemen, Wakil Bupati dan Perwakilan Yayasan Al Musyarofah melakukan penanaman bibit Kurma, Kelengkeng, bayam dan penebaran bibit ikan nila. Proses Pendampingan itu sendiri akan dibantu oleh Yayasan Al Musyarofah dengan beberapa program kerja seperti sayuran organik, beternak ikan, program ternak kambing untuk marbot dan lain sebagainya yang akan dilakukan secara berkesinambungan.

“Kami siap melakukan pendampingan (PPMP) tersebut dan menjadikan tempat ini sebagai sentral pertanian  peternakan, apabila program ini berhasil, serta benar-benar dijalankan, mudah-mudahan ekonomi kerakyatan di kabupaten pali meningkat, rakyat tidak perlu membeli keperluan, tinggal mengambil kebunnya sendiri",



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review