Wednesday, April 11, 2018

Semngat Tanam kencur

Kabupaten PALI, 12 April 2018

Kali ini untuk menghilangkan rasa penasaran saya, dimana informasinya di salah satu desa di Kabupaten PALI. Beberapa anggota keluarga tani lagi giat-giatnya menanam kencur di pekarangan rumah, sebabnya kegiatan ini di mulai hanya satu keluarga dan menjual hasil panen kencur dalam volume cukup besar, sebagai usaha tanaman pekarangan rumah, dimana kondisi tanah yang gembur dan dataran tinggi sangat menunjang keberhasilan budidaya kencur ini. Diharapkan budidaya kencur ini dapat berkembang luas, sebagai penghasilan baru bagi masyarakat Kabupaten PALI yang selama ini pendapatan keluarga di dominasi oleh harga karet yang tak kunjung membaik. Tanaman kencur memang tak sepopuler tanaman rempah dan obat lainya seperti tanaman Jahe, namun kasiat dan kegunaan kencur sangat banyak, sehingga peluang untuk usaha budidaya kencur (di sektor hulu) cukup menjanjikan, apalagi kencur ini di produksi menjadi prodak-prodak yang siap konsumsi dalam usaha sekala rumah tangga (Hilirisasi) seperti membuat prodak jamu-jamuan dan sebagainya.   


Informasi tentang kencur : 
Manfaat Kencur Untuk Kesehatan
Tanaman kencur adalah jenis tanaman rempah dan obat. Kencur merupakan jenis tanaman temu-temuan (Zingiberaceae ). Tanaman kencur dapat mudah tumbuh di daerah dataran pegunungan yang tanahnya gembur. Tumbuh menggeletak pada permukaan tanah dan tumbuh dengan helaian daun yang jarang. Manfaat Kencur sebagai bahan racikkan pada obat-obatan tradisional.
Kandungan Kencur
Analisa laboraturium menghasilkan bahwa serimpang kencur terkandung zat lebih dari 23 jenis. Berikut beberapa di antaranya : Zat pati, mineral, Borneol, Asam metal kanil, asam cinnamic, ethyl aster, paraeumarin, alkolid, gom dan sebagainya.
Kandungan methanol pada kencur juga dapat digunakan untuk melawan sejenis cacing parasit yang menyebabkan penyakit toksokariasis. Zat ini efektif melawan spesies penyebab penyakit sistem saraf pusat dan juga melawan bakteri penyebab infeksi mata. 
Manfaat Kencur Untuk Kesehatan
Dalam dunia pengobatan, manfaat kencur telah terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut beberapa resep tradisional menggunakan kencur. Yaitu sebagai Obat untuk masuk angin, Menghilangkan darah kotor, Mengobati radang lambung, Mengobati keseleo, Mengobati mulas pada perut, Sebagai obat batuk, Mengobati diare
Kencur juga dipercaya dapat menjadi salah satu herbal yang berperan penting bagi tubuh manusia seperti : Anti kanker, Baik untuk pencernaan, Bumbu masakan, Baik untuk kulit, Mengobati peradangan usus, Membutuh bakteri dalam usus, Melancarkan peredaran darah, Membuang racun dalam tubuh, sebagai anti oksidan dan Menjadi sumber serat. Kencur merupakan jenis tanaman herbal yang dapat dijadikan bumbu berbagai jenis masakan di indonesia, selain itu khasiatnya bagi kesehatan juga tidak kalah baik yang dapat membantu berbagai masalah pengobatan.

Program Yayasan AL-Musyarofah 
Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina PPMP Pendopo

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review